Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama suatu organisasi. Infomasi adalah data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna.
Informasi pun memunyai umur, yang dimaksud umur di sini
adalah kapan atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai/arti bagi
penggunanya. Adanya acuan pada titik waktu tertentu dan pernyataan suatu
perubahan pada suatu waktu.
Kualitas
Informasi tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :
1. Akurat, berarti informasi harus
bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan. Akurat juga
berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.
2. Tepat pada waktunya, berarti
informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
3. Relevan, berarti informasi
tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk
tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Dari 3 hal tersebut maka akan di
dapatkan sebuah nilai dari informasi tersebut. Nilai informasi ditentukan dari
dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan
bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya
mendapatkannya.
Sistem informasi adalah kumpulan
informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi
informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi. Di
dalam suatu organisasi, informasi merupakan sesuatu yang penting di dalam
mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen. Sistem ini
memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual,
model manajemen dan basis data.
Dari
definisi di atas terdapat beberapa kata kunci :
1. Berbasis komputer dan sistem
manusia dan mesin
· Berbasis
komputer : perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi.
· Sistem
manusia mesin : ada interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin
sebagai alat untuk memroses informasi. Ada proses manual yang harus dilakukan
manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan
suatu prosedur/manual sistem.
2. Sistem basis data terintegrasi
Adanya
penggunaan basis data secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah data base
manajemen system.
3. Mendukung operasi
· Informasi
yang diolah dan di hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi.
Sistem informasi memiliki komponen
berupa subsistem yang merupakan elemen elemen yang lebih kecil yang membentuk
sistem informasi tersebut misalnya bagian input, proses, output. Tanpa ketiga
itu sistem informasi tidak dapat berjalan dengan baik.
1. Input : sekumpulan data yang akan
kita olah menjadi sebuah informasi yang nantinya akan kita sajikan bagi
masyarakat.
2. Proses : suatu kegiatan dimana
kita mengolah seluruh data yang ada untuk menghasilkan suatu informasi .
3. Output : informasi-informasi yang
dapat dengan mudah di peroleh, di mengerti dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
Komponen
Fisik pada Sistem Informasi:
1. Perangkat keras komputer : CPU,
storage, perangkat input/output, terminal untuk interaksi, media komunikasi
data.
2. Perangkat lunak komputer :
perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitinya), perangkat lunak umum
aplikasi (bahasa pemrograman), perangkat lunak aplikasi (aplikasi akuntansi
dll).
3. Basis data : penyimpanan data
pada media penyimpan komputer.
4. Prosedur : langkah-langkah
penggunaan sistem.
5. Personil : yang mengoperasikan
sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi keluaran dan melakukan aktivitas
manual yang mendukung sistem.
Suatu sistem informasi di buat untuk suatu keperluan
tertentu atau untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur dan
cara kerja sistem informasi berbeda-beda bergantung kepada keperluan dan
permintaan yang harus dipenuhi, oleh karena kepentingan yang harus di layani
sangat beraneka ragam, maka sistem informasipun semakin beraneka ragam.
Berbagai bidang dapat di olah melalui sistem informasi,
contohnya, sistem informasi manajemen, sistem informasi akuntansi, sistem
informasi perbankan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pengembangan sistem dapat berarti
menyusun sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara
keseluruhan atau untuk memperbaiki sistem yang sudah ada. Sistem yang sudah
lama perlu diperbaiki atau bahkan diganti, dapat disebabkan oleh beberapa hal,
diantaranya yaitu :
1. Kesalahan yang tidak sengaja,
yang menyebabkan kebenaran data kurang terjamin.
2. Tidak efisiensinya operasi
pengolahan data tersebut.
3. Adanya instruksi-instruksi atau
kebijaksanaan yang baru baik dari pemimpin atau dari luar organisasi seperti
peraturan pemerintah.
Dengan sistem informasi masyarakat jadi lebih mudah untuk
memperoleh informasi dengan cepat. Perkembangan sistem informasi pun dari tahun
ke tahun berkembang semakin cepat, dengan di dukung oleh perkembangan teknologi
juga tentunya.
Informasi pada saat ini berkembang sangat cepat, melalui
banyak media, terutama internet. Internet mungkin media lebih efisien dan
praktis dari pada media yang lainnya seperti koran. karena di internet orang
dapat dengan mudah mencari, merubah ataupun menambahkan informasi yang belum
jelas kebenarannya.
Sistem informasi memiliki definisi
yang berbeda menurut para ahli, namun secara umum, sistem informasi adalah
kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Istilah ini digunakan
untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan
komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan
teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Sementara ada juga definisi lain
yang mengatakan kalau sistem informasi adalah kumpulan informasi di dalam
sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di
dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi. Di dalam suatu
organisasi, informasi merupakan sesuatu yang penting di dalam mendukung proses
pengambilan keputusan oleh pihak manajemen. Sistem ini memanfaatkan perangkat
keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis
data.
0 komentar:
Posting Komentar